Jumat, 18 November 2011

MITOS YUNANI

Gorgon

Kepala Gorgon.
Gorgon adalah tiga makhluk perempuan yang berambut ular dan bersayap. Pandangan mata mereka mampu mengubah makhluk apapun menjadi batu. ketiga Gorgon itu adalah Stheno, Euriale, dan Medusa. Stheno dan Euriale abadi sedangkan Medusa tidak. Para Gorgon tinggal Sarpedon, sebuah pulau berbatu. Stheno adalah Gorgon yang paling buas dan ganas sementara Euriale memiliki tangisan yang menakutkan.
Medusa sendiri pada awalnya adalah seorang perawan cantik dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun suatu ketika ia diperkosa oleh Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, maka sang dewi pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.
Medusa dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Dengan bantuan dari Athena dan Hermes, yang memberinya sandal bersayap, Helm gaib, pedang, dan perisai cermin, Perseus berhasil melaksanakan tugasnya. Perseus membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. Kemudian dua makhluk keluar dari tubuh Medusa: Pegasus dan Khrisaor. Ketika Perseus terbang di atas Libya, sebagian darah Medusa menetes di gurun dan berubah menajdi ular berbisa.
Setelah Perseus menyelesaikan tugasnya dan membalas perbuatan Polidektes dengan mengubahnya menjadi batu, sang pahlawan menyerahkan kepala Medusa kepada Athena untuk kemudian dipasang pada Aegis.

[sunting] Harpi

Harpi.
Harpi adalah makhluk yang berwujud setengah wanita dan setengah burung. Harpi adalah anak dari Thaumas dan Okeanid Elektra dan merupakan saudari dewi Iris.
Harpi adalah makhluk yang jahat dan kejam. Harpi menculik orang-orang dan mengambil benda-benda. Para Harpi tinggal di Strofades.
Sepasang Harpi ditugaskan oleh Zeus untuk terus mengambil makanan dari jangkauan Fineas sehingga Fineas tak tak pernah mampu menuntaskan rasa laparnya. Suatu hari para Argonaut tiba di tempat Fineas. Dua orang Argonaut (Zetes dan Kalais), yang juga bisa terbang, berusaha mengejar para Harpi itu. Usaha mereka dihentikan oleh Iris yang berjanji bahwa para Harpi tak akan lagi mengganggu Fineas.

[sunting] Hidra

Hidra.
Hidra atau Hidra Lerna merupakan monster berbentuk ular atau naga, yang memiliki sembilan buah kepala. Jika salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh/membentuk lagi dua buah kepala yang baru. Dia mengeluarkan racun yang mematikan dari nafasnya pada setiap kali melangkah.
Hidra dari Lerna dibunuh oleh Herakles sebagai tugas yang kedua dalam salah satu dari "Dua Belas Tugas" yang harus dijalaninya demi sebuah penebusan dosa.
Sarang Hidra adalah di rawa-rawa di danau Lerna, di Argolid, dan dia bertugas sebagai penjaga pintu masuk ke dunia bawah. Hidra ialah keturunan dari Tifon dan Ekhidna, dan keduanya merupakan keturunan yang mengerikan dari dewi bumi, Gaia.
Dikisahkan, setelah mencapai rawa dekat danau Lerna, tempat tinggal Hidra, Herakles menutupi mulut dan hidungnya dengan kain untuk melindungi dirinya dari asap beracun yang keluar dari nafas Hidra. Kemudian, dia menembakkan panah berapi ke sarangnya, mata air Amymone. Hidra sendiri hanya keluar dari guanya yang sangat dalam untuk meneror desa-desa di sekitarnya. Lalu Herakles pun berhadapan dengan Hidra, dengan menghunus sebuah pedang, dia menebas kepala-kepalanya.
Setiap kepala Hidra yang dipotongnya, tumbuh kembali menjadi dua. Keputusasaan merasuki perjuangan yang dilakukannya. Kelemahan dari Hidra, adalah bahwa hanya satu dari kepalanya yang abadi. Menyadari hal tersebut, Herakles meminta bantuan kepada keponakannya Iolaos. Keponakannya itu datang memberi gagasan (mungkin diilhami oleh dewi Athena). Iolaos lalu menggunakan batu api untuk membakar tunggul-tunggul leher Hydra pada setiap kali kepalanya dipenggal.
Setelah itu, satu kepala Hidra yang abadi ditempatkan di bawah batu besar pada tempat ritual suci antara Lerna dan Elaius, dan mencelupkan anak panahnya di darah beracun Hidra, dan tugas kedua Herakles pun selesai.
Pada kisah yang lain dikatakan, bahwa setelah memotong satu kepala abadi Hidra, Herakles mencelupkan pedangnya di dalam darah Hidra dan menggunakan racunnya untuk membakar setiap kepala, sehingga kepala-kepala tersebut tidak bisa tumbuh kembali. Mengetahui Herakles dibantu oleh keponakannya, Iolaos, di dalam melaksanakan tugas kedua, Euristheus menyatakan bahwa tugas Herakles belum selesai karena dia tidak sendirian, dan Herakles harus menjalankan tugas tambahan.
Di dalam budaya populer, Hidra pun sering menjadi antagonis dalam permainan videro, diantaranya dalam God of War, Age of Mythology, Magic Carpet 2, dan lain-lain. Dia menjadi sosok monster yang mengerikan dengan sembilan kepalanya. Di dalam film-film yang menceritakan Herakles pun, Hidra sering tampil pada salah satu bagian cerita di dalamnya.

[sunting] Khimaira

Khimaira.
Khimaira adalah monster yang memiliki badan dan kepala singa, ekornya berupa ular, dan ada kepala kambing di punggungnya. Khimaira merupakan anak Tifon dan Ekhidna. Makhluk ini hidup di daerah Likia.
Bellerofon ditugaskan untuk membunuh Khimaira. Dia menghadapi Khimaira dengan menunggangi Pegasus. Khimera akhirnya menemui ajalnya setelah Bellerofon menyumbat mulutnya dengan tombak berujung timah, yang mencair karena semburan api Khimaira dan menyumbat pernafasannya.

[sunting] Kerberos

Kerberos.
Kerberos adalah anjing peliharaan Hades. Hewan ini adalah keturunan Ekhidna, seorang wanita hibrida dan setengah-dewi setengah-ular, dan Tifon, raksasa bernapas api yang bahkan ditakuti oleh para dewa Olimpus. Dalam beberapa karya, tiga dari masing-masing kepala Kerberos melihat dan mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sedangkan menurut karya lainnya mengatakan kepala-kepala itu merupakan kelahiran, pemuda, dan usia tua. Masing-masing dari kepala Kerberos dikatakan memiliki nafsu makan daging hanya untuk hidup, dengan demikian memungkinkan roh-roh orang mati untuk bebas masuk neraka, tetapi tidak memungkinkan untuk pergi. Kerberos dikatakan saudara kandung dari Hidra, Singa Nemea, Sphinx, Ladon, dan Khimaira.
Dalam kisah Herakles, Kerberos merupakan tantangan terakhir dari Hera dalam dua belas yang harus dilaksananakan oleh Herakles. Herakles mendatangi Hades dan meminta izin menangkap Kerberos. Hades mengizinkan asalkan Herakles tidak menggunakan senjata. Pada akhirnya Herakles berhasil membawa Kerberos pada Euristheus, yang ketakutan dan menyuruh Herakles membawa pergi Kerberos. Herakles lalu mengembalikan Kerberos ke dunia bawah..
Kerberos berjaga di gerbang dunia bawah. Tujuanya untuk menjaga agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah. Kerberos juga mempunyai kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri. Selain itu Kerberos juga bertugas menjaga orang hidup supaya tidak memasuki dunia bawah, walaupun ada beberapa pengecualian.
Dalam kisah kisah Orfeus yang mencoba menghidupkan kembali istrinya, Kerberos merupakan penjaga pintu dunia bawah yang menghalangi sang pujangga untuk masuk. Orfeus pun melantunkan nyanyian sambil memainkan liranya, sehingga Kerberos tertidur dan ia pun bisa masuk. Namun, usahanya untuk menghidupkan Euridike istrinya mengalami jalan buntu, dan sang pujangga kembali ke dunia nyata dengan tangan kosong. Sejak saat itu, Orfeus menjadi terkenal sebagai sosok pria yang sedang memainkan lira (kecapi kecil).
Selain Orfeus, Kerberos juga pernah membiarkan beberapa orang hidup lainnya memasuki dunia bawah, di antaranya adalah Theseus dan Pirithos. Ada pula Psikhe, yang dapat lewat setelah memberi kue manis pada Kerberos.
Di dalam beberapa buku atau pun novel, Kerberos hadir sebagai sosok anjing berkepala tiga yang mengerikan. Bahkan di salah satu film Harry Potter yang berjudul Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Cerberus di film ini bernama Fluffy, dimana sosok mengerikan ini adalah peliharaan Hagrid yang berbadan besar dan menakutkan. Diceritakan bahwa Fluffy ditugaskan untuk menjaga pintu jebakan yang berada di lantai tempat disembunyikannya Batu Bertuah. Dan Harry Potter bersama teman-temannya berhasil menidurkan Fluffy dengan meniupkan seruling, dan mengambil Batu Bertuah tersebut.

[sunting] Minotaur

Theseus melawan Minotaur.
Minotaur adalah monster berbentuk manusia dengan berkepala banteng. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta, karena banteng yang harus dia berikan kepada dewa Poseidon disembunyikannya, sehingga Poseidon menjatuhkan sebuah kutukan kepada istri Minos.
Istri Minos, Pasifae, dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Dengan meminta bantuan dari Daidalos, Pasifae meminta dibuatkan tiruan banteng betina. Dia kemudian masuk ke dalam banteng tiruan, untuk berhubungan seksual dengan banteng tersebut. Akibat dari hubungan itu, Pasifae melahirkan Minotaur, makhluk bertubuh manusia dan berkepala banteng. Minotaur adalah makhluk yang mengerikan dan senang memakan manusia. Untuk mengamankannya, Minos mengurungnya dalam labirin buatan seorang rsitek bernama Daidalos.
Suatu ketika, Minos memimpin Kreta mengalahkan kota Athena sehingga Athena setiap tahun harus mengirim tujuh pemuda dan tujuh perawan untuk dijadikan sebagai makanan Minotaur, supaya tidak diserang oleh Kreta.
Setelah kebiasaan itu berlangsung beberapa lama, monster ini pun akhirnya dibunuh oleh Theseus, seorang pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelum kejadian itu, Theseus bertemu dengan Ariadne, yang tak lain merupakan putri Raja Kreta yang jatuh cinta padanya. Theseus dibantu oleh Ariadne dengan memberinya sebuah pedang dan segulung benang.
Theseus memasuki labirin dan mengulur gulungan benangnya. Theseus menjelajahi labirin dan akhirnya bertemu dengan Minotaur. Mereka kemudian berkelahi. Minotaur, yang ternyata sangat kuat, sempat menyulitkan Theseus namun dengan pedangnya, Theseus akhirnya berhasil membunuh Minotaur. Theseus lalu menggunakan benangnya untuk menelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit.
Sphinx.

[sunting] Orthos

Orthus adalah anjing berkepala dua yang merupakan saudara Kerberos. Orthos dipelihara oleh raksasa berbadan tiga, Gerion. Ketika Herakles datang ke tempat Gerion untuk mengambil ternaknya, Herakles terlebih dulu membunuh Orthos dengan panah sebelum akhirnya membunuh Gerion.

[sunting] Sphinx

Sphinx adalah makhluk dengan kepala perempuan, badan singa, sayap elang, dan ekor ular. Sphinx dikirim oleh para dewa untuk meneror kota Thebes akibat melakukan beberapa kejahatan.
Di jalan menuju Thebes, Sphinx mengajukan pertanyaan pada orang yang lewat. Jika jawabannya salah maka Sphinx akan memakan orang itu. Suatu hari Oidipus pergi ke Thebes dan bertemu dengan Sphinx. Oidipus berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Sphinx. Akhirnya Sphinx menjatuhkan diri dari tebing dan mati.

Tidak ada komentar: